You need to enable javaScript to run this app.

Revanda Ghassan Randityo Sabet Medali Emas Ajang IESO di Italia

Revanda Ghassan Randityo Sabet Medali Emas Ajang IESO di Italia

Prestasi membanggakan yang mengharumkan nama Indonesia di mata internasional ditorehkan oleh Revanda Ghassan Randityo siswa SMA Negeri 1 Tambun Selatan. Revanda berhasil meraih medali emas dalam ajang International Earth Science Olympiad (IESO) ke 15 di Aosta, Italia pada tanggal 25 – 31 Agustus 2022.

IESO merupakan ajang kompetisi pelajar pra perguruan tinggi untuk bidang ilmu kebumian yang meliputi pengetahuan terkait geosfer (geologi dan geofisika), hidrosfer (hidrologi dan oseanografi), atmosfer (meteorologi dan klimatologi) dan astronomi (sains keplanetan).

Kegiatan ini dipayungi oleh International Geoscience Education Organization (IGEO) yang merupakan suatu organisasi internasional dengan anggota para pendidik/organisasi/institusi pendidikan ilmu kebumian di seluruh dunia baik untuk tingkat pra perguruan tinggi maupun perguruan tinggi.

Ajang IESO sendiri merupakan ajang bergengsi Internasional Kebumian antar pelajar tingkat menengah. Tahun ini IESO diikuti oleh 304 peserta dari 40 negara.

Dipaparkan Revanda, terdapat beberapa tahapan tes utama pada ajang IESO. Pertama adalah tes individual atau disebut Data Mining Test.

“Pada tes ini, siswa-siswa diminta untuk mengolah data dan memberikan kesimpulan dari data yang telah diolah. Adapun tes yang sifatnya kelompok seperti National Team Field Investigation (NTFI), siswa-siswi melakukan semacam penelitian singkat yang berbasiskan data di lapangan,”urai Revanda kepada Infomase.id, Senin (12/9)

Kemudian, lanjut Revanda, ada Earth Science Project (ESP), dimana seluruh peserta Internasional digabung untuk membentuk tim kelompok yang akan diberikan satu kasus tertentu untuk di bahas dan tentunya membuat poster untuk dipresentasikan.

Revanda Ghassan Randityo

Selain itu, terdapat kompetisi Earth Learning Students’ Idea (ELSI), dimana para peserta menjelaskan mengenai berbagai fenomena di ilmu kebumian.

“Tak hanya kompetisi yang menguji kemampuan pelajar dalam ilmu kebumian, peserta juga diminta mengirimkan karya seni (gambar, lukisan, puisi) yang terkait dengan ilmu kebumian dan isu pemanasan global,” papar Revanda.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Tambun Selatan Rahmat Kusnadi memberikan ucapan selamat atas prestasi yang diraih Revanda.

“Dengan prestasi ini tentunya akan memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMAN 1 Tambun Selatan untuk dapat berkarya dan berprestasi di masa yang akan datang,” ujar Rahmat. (BH)

Sumber : https://infomase.id/siswa-sman-1-tambun-selatan-sabet-medali-emas-ajang-ieso-di-italia/

Bagikan artikel ini:
H. Sayoga, S.Pd, M.M

- Kepala Sekolah -

Assalaamualaikum Wr Wb.Puji Syukur Kami semua panjatkan Kehadirat Allah SWT atas Nikmat serta Karunia-NYA, sampai dengan saat ini kita...

Berlangganan
Banner