Selayang Pandang Kepala Sekolah
SMA Negeri 1 Tambun Selatan

Assalaamualaukum Warohmatullahi Wabarokaatuh,
Salam Pramuka,

SMA Negeri 1 Tambun Selatan sebagai lembaga pendidikan memegang peranan yang sangat penting di dalam proses menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul secara IPTEK maupun IMTAK di Kabupaten Bekasi pada khususnya. Berdiri sejak tahun 1984, SMAN 1 Tambun Selatan terus menerus melakukan peningkatan kualitas seluruh komponen sekolah dari sumber daya pengajar, manajemen sekolah maupun infrastruktur sarana dan prasaran sebagai pendukungnya.

 

Kabupaten Bekasi merupakan daerah yang langsung berbatasan dengan Ibu Kota Negara, dengan kondisi geografis tersebut maka pengaruh budaya, politik, keamanan dan ekonomi dalam perkembangannya baik langsung maupun tidak langsung... baca selanjutnya

Selamat Datang di Sistem Komunitas
SMA Negeri 1 Tambun Selatan

Member Login

SMA Negeri 1 Tambun Selatan
Jl. Kebon kelapa No.02 Tambun Selatan
Telp. (021)

-
Pencarian
Agenda
18 October 2017
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
Jajak Pendapat
Apakah Layanan sekolah yang diberikan, sudah cukup memuaskan?
Sangat Memuaskan
Cukup Memuaskan
Kurang Memuaskan
  Lihat
Statistik
  Visitors : 842274 visitors
  Hits : 1202 hits
  Today : 362 users
  Online : 15 users
Waka Kurikulum: daryonoguntur
Waka Kesiswaan:
Waka Humas: agus.gusyana
Waka Sarpras:
Litbang: agus_bonlap

SMAN 1 TAMBUN SELATAN

TUJUAN SEKOLAH
1. Mengantarkan siswa/i SMAN 1 Tambun Selatan lulus 100 % Ujian Nasional Pada setiap Tahun Pelajaran.
2. Mengantarkan siswa/i SMAN 1 Tambun Selatan diterima di PTN minimal 85%.
3. Menyelenggarakan pembelajaran secara bilingual minimal 4 mata pelajaran.
4. Menyelenggarakan pembelajaran berbasis ICT.
5. Mendapatkan 3 medali dalam Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi.
6. Mendapatkan 1 medali dalam Olimpiade Sains Nasional tingkat Nasional.
7. Menyediakan jumlah ruang kelas sebanyak 100 % dari kebutuhan.
8. Menyediakan jumlah ruang Lab (IPA, IPS, Bahasa, Komputer) sebanyak 100% dari kebutuhan.
9. Melaksanakan kerja sama minimal dengan 2 PT di Negara OECD.
10. Melaksanakan kerjasama/ sister school minimal dengan 2 Sekolah Setaraf di Negara OECD.
11. Melaksanakan pelayanan administrasi sekolah berbasis ICT pada administrasi keuangan, kepegawaian,
       kesiswaan, maksimal 1 hari kerja.
12. Melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling minimal 8 siswa per guru per hari.

 

STRATEGI PELAKSANAAN / PENCAPAIAN
1.  Peningkatan Standar Isi (kurikulum)

     a. Peningkatan isi Kurikulum:
          - Menjalin kerjasama dengan komite sekolah dan stakeholder lainnya
          - Melaksanakan kunjungan ke sekolah lain
          - Melaksanakan Workshop untuk menghasilkan Kompetensi Standar Pendidikan

     b. Pengembangan kurikulum pembelajaran dan pembinaan, pemetaan KBK, KBK, silabus, RPP dan sistem penilaian,
         rinciannya sebagai berikut:
         - Menjalin kerjasama dengan rintisan SBI se Jawa Barat dan rintisan SBI terbaik di DKI dan Nasional
         - Workshop pemetaan standar kompetensi,kompetensi dasar,silabus, RPP, model-model penilaian,model-model
            pembinaan untuk menghasilkan dokumen kurikulum sekolah baik untuk pembelajaran maupun
            pembinaan kesiswaan.

2.  Pengembangan Proses Pembelajaran
      a. Melaksanakan Workshop Pembelajaran CTL.
      b. Melaksanakan MGMP tingkat Sekolah tiap Mata pelajaran
      c. Melaksanakan pelatihan dengan  mendatangkan nara sumber.
      d. Pengadaan bahan dan sumber  pembelajaran yang relevan, lengkap dan mutakhir.
      e. Mengadakan studi banding ke sekolah RSBI terbaik tingkat nasional
      f. Melaksanakan analisis ketuntanasan belajar
      g. Melaksanakan Metode dan strategi Pembinaan kesiswaan

3.  Pengembangan Pelulusan
     a. Membudayakan disiplin dalam proses belajar
     b. Memberikan bimbingan karir pada siswa kelas X
     c. Mengikuti setiap latihan tes uji coba UAN maupun masuk ke Perguruan Tinggi unggulan yang diadakan oleh
         suatu lembaga
     d. Mendata lulusan yang sudah diterima di Perguruan Tinggi terfavorit.

     e. Menginformasikan tentang syarat – syarat penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi  Negeri Unggulan.
     f.  Mengembangkan keterampilan dalam menghadapi era globalisasi
     g. Mengembangkan kreativitas siswa dalam belajar untuk menghadapi era globalisasi
     h. Meningkatkan kecedasan dalam belajar dan berprilaku untuk menghadapi tantangan  globalisasi
     i. Memberikan pengalaman sukses kepada siswa dari tokoh nasional regional dan global
     j. Memberikan penghargaan pada siswa yang berprestasi dalam bidang non akademik
     k. Memberikan motivasi kepada siswa untuk berkarya
     l. Memberdayakan imajinasi , fantasi dan inovasi siswa

4.  Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
     a. Merealisasikan peningkatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia melalui pelatihan,penataran

     b. Seminar ,workshop dan lainnya yang relevan.

     c. Melaksanakan pelayanan  optimal sesuai SPM yang bernuansa kekeluargaan.

    d. Menyiapkan dan melaksanakan monev (monitoring dan evaluasi)

5.  Pengembangan Sarana Prasarana
     Dalam Program Pengembangan Sarana Prasarana, bahan ajar, sumber belajar dan media pembelajaran, menjalin
     kerjasama dengan pihak lain dan mengoptimalkan SDM untuk memenuhi SNP, antara lain:

     a. Terwujudnya sarana dan prasarana yang relevan dan mutahir :
         - Ruangan Moving Class untuk 6 mata pelajaran yang di- UN kan

         - Tempat ibadah yang lengkap dan memadai
         - Lapangan olah raga ( sepak bola, badminton dsb )
         - Jaringan Sistem Jaringan Informasi Management
         - Jaringan sound system yang on line di setiap kelas

    b. Terwujudnya media pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran:
        - Multi Media yang refresentatif
        - Laboratorium yang lengkap

    c. Terwujudnya sarana KBM yang memadai:
        - Alat peraga yang relevan untuk setiap mata pelajaran
        - Ruangan kelas yang nyaman.
        - Meubeuler kelas yang sesuai dengan SNP
        - Kelengkapan administrasi kelas sesuai dengan SNP.

    d. Terwujudnya lingkungan belajar yang sehat, aman dan nyaman:
        - Ruang ganti pakaian yang layak.

        - WC yang sehat dan disesuaikan dengan standar jumlah siswa.

        - Kantin yang sehat dan menyenangkan.

        - Taman sekolah yang nyaman dan menyejukan lingkungan.

        - Sistem keamanan yang handal.

        - Lingkungan sekolah dan ruang kelas yang bersih dan asri.

6. Pengembangan Pengelolaan Pendidikan
    a. Menggerakan seluruh warga sekolah untuk tertib administrasi dan melakukan kegiatan berdasarkan prosedur
        administrasi yang ada.
        - Melengkapi struktur organisasi lengkap dengan tupoksinya.

        - Melengkapi sarana administrasi  yang Up to date

        - Membentuk Tim penyusun tata tertib sekolah ( Guru, Siswa dan Pegawai )
        - Memiliki dokumen administrasi sekolah ( organisasi kelembagaan )

        - Memiliki SDM yang profesional

     b. Menciptakan  lingkungan sekolah   yang ASRI (Aman, Sejuk, Rindang dan Indah)
        - Membentuk Tim K 6 (Kebersihan, Ketertiban, Keamanan, Kerindangan, Keindahan dan Kekeluargaan)
        - Melakukan gerakan penghijauan

        - Mengikutsertakan TIM K 6 dalam pelatihan - pelatihan

    c. Menjalin kerjasama  dengan pihak lain dengan mengoptimalkan Sumber Daya Manusia di sekolah untuk
        meningkatkan  penataan dan pengembangan sarana prasarana yang memenuhi SPM.
        - Bekerjasama dengan masyarakat sekitar.

        - Bekerjasama dengan instansi terkait, dunia usaha, dan dunia industri.

7.  Pengembangan Pembiayaan
     a. Melaksanakan Standar pembiayaan  tiap siswa dapat terhimpun 100%  sumber dana
     b. Melaksanakan  manajemen keuangan yang transparan dan akuntabel.

     c. Melaksanakan  jalinan kerjasama dengan penyandang dana, baik donator tetap maupun tidak tetap
     d. Menciptakan usaha real sekolah dan lingkungan sekolah yang menghasilkan  keuntungan ekonomik
     e. Mewujudkan otonomi dalam menentukan kebijakan pembiayaan

8.  Pengembangan Penilaian
     a. Guru diikutsertakan dalam pelatihan seminar dan kegiatan lainnya sesuai dengan  latar belakang  pendidikan
         yang bekerjasama dengan stakeholder
     b. Guru wajib melaksanakan MGMP Sekolah

     c. Guru melaksanakan remedial teaching bagi siswa yang belum lulus kompetensi  mata pelajaran
    d. Mengembangkan perangkat model – model penilaian pembelajaran

    e. Mengimplementasi model evaluasi pembelajaran : ulangan harian, ulangan tengah  semester,
        ulangan akhir semester, kenaikan kelas, dll
    f. Mengembangkan instrument atau perangkat soal – soal untuk berbagai model  evaluasi
   g. Mengembangkan pedoman – pedoman evaluasi sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan BSNP
   h. Mengembangkan lomba-lomba dan sejenisnya dalam upaya peningkatan standar nilai/ketuntasan kompetensi
    i. Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk melaksanakan penilaian dalam rangka pengembangan
       perangkat penilaian sampai dengan analisa dan pelaporan hasil belajar peserta didik
    j.
Melaksanakan kerja sama dengan pihak lain untuk melaksanakan test atau uji coba prestasi peserta didik
       secara periodik.