Selayang Pandang Kepala Sekolah
SMA Negeri 1 Tambun Selatan

Assalaamualaukum Warohmatullahi Wabarokaatuh,
Salam Pramuka,

SMA Negeri 1 Tambun Selatan sebagai lembaga pendidikan memegang peranan yang sangat penting di dalam proses menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul secara IPTEK maupun IMTAK di Kabupaten Bekasi pada khususnya. Berdiri sejak tahun 1984, SMAN 1 Tambun Selatan terus menerus melakukan peningkatan kualitas seluruh komponen sekolah dari sumber daya pengajar, manajemen sekolah maupun infrastruktur sarana dan prasaran sebagai pendukungnya.

 

Kabupaten Bekasi merupakan daerah yang langsung berbatasan dengan Ibu Kota Negara, dengan kondisi geografis tersebut maka pengaruh budaya, politik, keamanan dan ekonomi dalam perkembangannya baik langsung maupun tidak langsung... baca selanjutnya

Selamat Datang di Sistem Komunitas
SMA Negeri 1 Tambun Selatan

Member Login

SMA Negeri 1 Tambun Selatan
Jl. Kebon kelapa No.02 Tambun Selatan
Telp. (021)

-
Pencarian
Agenda
18 October 2017
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
Jajak Pendapat
Apakah Layanan sekolah yang diberikan, sudah cukup memuaskan?
Sangat Memuaskan
Cukup Memuaskan
Kurang Memuaskan
  Lihat
Statistik
  Visitors : 842166 visitors
  Hits : 1056 hits
  Today : 360 users
  Online : 18 users
Waka Kurikulum: daryonoguntur
Waka Kesiswaan:
Waka Humas: agus.gusyana
Waka Sarpras:
Litbang: agus_bonlap

Manfaat Internet Bagi Pendidikan

Tanggal : 02-08-2017 10:45, dibaca 43 kali.

Internet memungkinkan pengguna untuk memiliki akses yang mudah atas berbagai macam informasi. Bahkan diandingkan dengan buku dan perpustakaan, penyebaran informasi dan data melalui internet dapat dikatakan lebih ekstrim. Internet telah banyak mempengaruhi ilmu dan pandangan dunia. Dalam dunia pendidikan, internet memberikan manfaat antara lain sebagai berikut.

  1. Sarana mencari informasi

Internet dapat digunakan sebagai sarana mencari berbagai informasi di dunia pendidikan, yang bahkan lebih update dari buku maupun perpustakaan. Dapat dikatakan pula bahwa hampir semua informasi mengenai pendidikan dapat kita akses melalui internet, antara lain seperti materi pelajaran, kurikulum, silabus, soal-soal maupun cara mengerjakannya.

  1. Sarana mempermudah pencarian referensi

Selain sebagai sarana mencari informasi, internet juga mempermudah pengguna untuk pencarian literatur. Hanya dengan mengetikkan kata kunci sesuai dengan keinginan Anda, maka informasi yang terkait dengan kata kunci tersebut akan langung tersedia.

  1. Sebagai sarana pembelajaran

Internet dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi siswa untuk mencari informasi lebih mengenai materi yang belum, sedang dan akan dipelajari di sekolah. Hal ini juga sama berlakunya untuk mahasiswa. Selain itu, internet juga merupakan wadah yang memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk mempelajari hal-hal baru melalui tips&trik maupun tutorial mengenai sesuatu hal.

  1. Menyediakan fasilitas multimedia

Internet sebagai penyedia informasi memiliki kelebihan dibandingkan dengan buku. Untuk memperoleh informasi dari internet, orang dapat membaca, mendengarkan,menonton video dari internet. Selain itu, dengan fasilitas multimedia di internet ini dapat membantu memudahkan pengguna untuk lebih memahami infromasi karena adanya tambahan contoh, gambar, animasi dsb.

  1. Penyedia sumber informasi yang relatif murah

Bagi orang yang membutuhkan informasi secara sesaat maupun mendadak, internet merupakan penyedia sumber informasi yang dibutuhkan yang relatif murah apabila dibandingkan dengan membeli buku maupun majalah. Selain itu internet juga meringankan beban siswa maupun mahasiswa yang tidak mampu dalam mencari materi pembelajaran tanpa harus membeli buku yang notabene lebih mahal.

  1. Sebagai penyedia sumber pelajaran tambahan

Internet dapat memungkinkan pengguna untuk memperoleh informasi tambahan atau sumber pelajaran tambahan yang tidak didapatkan di sekolah.

  1. Sarana mencari beasiswa

Tidak semua informasi mengenai beasiswa dapat kita akses di lingkunga sekolah maupun kampus. Dengan internet, kita juga dapat mengakses informasi mengenai beasiswa di dalam maupun di luar negeri secara lebih luas.

  1. Mendorong penguasaan bahasa asing

Internet memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi tanpa batas, termasuk informasi yang penting dan menarik dari luar negeri. Hal ini dapat mendorong pengguna untuk menguasai bahasa asing dengan cara yang menarik, misalnya dengan membaca artikel yang disukai, mendengarkan lagu, menonton berita dsb dalam bahasa asing tersebut.

  1. Mendorong kreatifitas dan kemandirian

Infromasi yang diperoleh melalui internet dapat memberikan seseorang inspirasi untuk lebih mengembangkan kreatifiasnya dalam berkarya. Internet juga dapat mendorong dan memotivasi siswa maupun mahasiswa dalam mengembangkan intelektual dapat mengembangkan penelitian dan ilmu pengetahuan baik secara teoritis maupun terapan. Selain itu, orang yang lihai dalam menggunakan internet juga terlihat lebih mandiri dalam mencari infromasi yang dibutuhkan.

  1. Sarana pendidikan jarak jauh

Internet memungkinkan kita untuk melakukan pendidikan jarak jauh. Bahkan ada beberapa universitas yang menyediakan kuliah online yang memungkinkan mahasiswanya untuk melaksakan kuliah dengan jarak jauh. Atau, kitapun dapat mengakses modul pembelajaran dari jarak yang jauh tanpa peduli dimanapun kita berada.

  1. Sarana penyimpanan informasi

Terkadang, informasi maupun materi pelajaran yang kita catat dalam buku dapat hilang maupun terselip entah di mana. Dengan adanya internet, Anda dapat menyimpan berbagai macam informasi maupun materi pelajaran di internet dan dapat Anda akses sewaktu-waktu tanpa takut kehilangan.

 

Dampak Negatif Internet

Meskipun demikian, internet juga dapat memberikan dampak negatif bagi dunia pendidikan seperti berikut.

  • Membuat siswa malas

Mudahnya akses dan kelebihan yang ditawarkan oleh internet tidak jarang membuat siswa lebih malas dan kurang produktif. Dengan keyakinan bahwa akan selalu ada informasi yang tersedia di internet terkadang membuat siswa hanya mengkopi dan tempel infromasi yang ada di internet.

  • Mengurangi fokus

Banyaknya aplikasi menarik di internet seperti sosial media ataupun aplikasi chatting terkadang memberikan gangguan terbesar bagi siswa dalam belajar. Selalu terhubung dalam dunia online dapat mengakibatkan kurang fokusnya siswa dalam bidang akademik, olahraga maupun kegiatan esktrakuliluler.

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat internet bagi dunia pendidikan. Bagaimanapun juga, internet bagaikan dua mata pisau yang berbeda. Meskipun ia memberikan banyak manfaat terlebih bagi dunia pendidikan, di sisi lain ia juga memberikan dampak negatif. Semoga kita lebih bijak dalam menggunakannya.

Sumber : http://manfaat.co.id/



Pengirim : http://manfaat.co.id/
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas