Selayang Pandang Kepala Sekolah
SMA Negeri 1 Tambun Selatan

Assalaamualaukum Warohmatullahi Wabarokaatuh,
Salam Pramuka,

SMA Negeri 1 Tambun Selatan sebagai lembaga pendidikan memegang peranan yang sangat penting di dalam proses menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul secara IPTEK maupun IMTAK di Kabupaten Bekasi pada khususnya. Berdiri sejak tahun 1984, SMAN 1 Tambun Selatan terus menerus melakukan peningkatan kualitas seluruh komponen sekolah dari sumber daya pengajar, manajemen sekolah maupun infrastruktur sarana dan prasaran sebagai pendukungnya.

 

Kabupaten Bekasi merupakan daerah yang langsung berbatasan dengan Ibu Kota Negara, dengan kondisi geografis tersebut maka pengaruh budaya, politik, keamanan dan ekonomi dalam perkembangannya baik langsung maupun tidak langsung... baca selanjutnya

Selamat Datang di Sistem Komunitas
SMA Negeri 1 Tambun Selatan

Member Login

SMA Negeri 1 Tambun Selatan
Jl. Kebon kelapa No.02 Tambun Selatan
Telp. (021)

-
Pencarian
Agenda
17 August 2017
M
S
S
R
K
J
S
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Jajak Pendapat
Apakah Layanan sekolah yang diberikan, sudah cukup memuaskan?
Sangat Memuaskan
Cukup Memuaskan
Kurang Memuaskan
  Lihat
Statistik
  Visitors : 801618 visitors
  Hits : 1427 hits
  Today : 161 users
  Online : 4 users
Waka Kurikulum: daryonoguntur
Waka Kesiswaan:
Waka Humas: agus.gusyana
Waka Sarpras:
Litbang: agus_bonlap

Sejarah Internet

Tanggal : 02-08-2017 10:27, dibaca 7 kali.

Interconnection-networking atau Internet merupakan merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung meggunakan standar sistem global untuk melayani penguna di seluruh dunia mengguankan sistem global transmission control protocol/internet protocol (TCP/IP). Jaringan komputer yang bernama internet ini pertama kali dibentuk pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek yang disebut Advanced Research Project Agency Network (ARPANET). Pada awalnya mereka mendemonstrasikan bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon menggunakan software dan hardware komputer berbasis UNIX. Proyek ARPANET yang merancang bentuk jaringan, kehandalan dan besarnya informasi yang didapatkan ini kemudian memilki standar sendiri dan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang kini dikenal sebagai transmission control protocol/internet protocol (TCP/IP).

Pada awalnya, ARPANET merupakan proyek yang ditujukan untuk keperluan militer. Sistem jaringan tersebut dibuat Departemen Pertahanan Amerika Serikat secara tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah penting untuk mengatasi masalah apabila terdapat serangan nuklir serta untuk menghindari adanya informasi terpusat yang sewaktu-waktu dapat dihancurkan oleh musuh ketika perang. Konon ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yang terdiri dari  Stanford Research Institue, University of California, Santa Barbara dan University of Utah.

Setelah diperkenalkan secara umum pada tahun 1972, ARPANET kemudian mejadi proyek yang berkembang pesat diseluruh daerah hingga membuat semua universitas di negara tersebut ingin bergabung. Dikarenakan kewalahan menghadapi permintaan, ARPANET kemudian dipecah menjadi dua menjadi “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk melayani keperluan non militer. Nah, gabungan antara MILNET dan ARPANET ini disebut dengan DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi internet.

Internet ini kemudian dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal. Spesifikasi teknikal merupakan protokol yang menerangkan perpindahan data antar rangkaian yang dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF). Nah, IRTF ini merupakan badan yang mengeluarkan dokumen yang dikenal sebagai Request for Comments (RFC), yang kemudian sebagian dari dokumen tersebut dijadikan sebagai standar internet (Internet Standard) oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architechture Board).

Beberapa protokol yang sering digunakan dalam internet antara lain IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP dan SSL. Sedangkan layanan yang populer dalam internet menggunakan protokol tersebut adalah surat eletronik (e-mail), Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (file sharing), world wide web (WWW), Gopher, akses sesi (session access), WAIS, finger, IRC, MUD dan MUSH. Internet juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan layanan terkini seperti web radio webcast dsb yang dapat diakses di seluruh dunia.

Sumber : www.google.com



Pengirim : smantas
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas